Cara Menghindari Praktek Calo Di Terminal

sumber gambar : www.pemburuonline.com
Mungkin sobat pernah merasakan yang namanya gak nyaman saat berada di terminal bus karena banyak calo yang berkeliaran, memang benar diterminal sudah terpasang spanduk yang bertuliskan, yang intinya melarang calo untuk beroperasi. tapi ketika aku perhatikan kenyataannya masih saja banyak calo yang berkeliaran, sebenarnya tidak masalah kalau ada calo, tapi harus ada catatan sesuai dengan kewajaran, kenapa harus sesuai dengan kewajaran..?
iya karena kebanyakan calo itu ya menawarkan harga tiket bus itu melebihi harga normal yang semestinya biasanya calo tersebut menjual harga tiketnya sampai 3x lipat, itulah salah satu alasan kita tak merasa nyaman di terminal. tapi tidak usah khawatir, karena saya mempunyai cara agar terhindar dari praktek percaloan tersebut. Cara ini pun sangat jitu, dan selalu aku praktekkan saat akan naik bis, langsung saja pada pointnya saja sebagai berikut: 
  1.  Jika anda kebingungan dengan masalah tujuan sebaiknya kita datangi saja petugas terminal diposnya  dan    tanyakan jalur untuk bus tujuan kita, lebih aman lagi minta tolong untuk diantar pada bus tersebut.
  2. Bagi anda yang sudah tau letak jalur tujuan anda, biasanya ketika anda awal masuk terminal pasti ada calo yang menghampiri anda, kalau ditanya tujuan anda kemana,? lebih baek jawab saja dengan tujuan ke kota yang terdekat dengan terminal, missal: anda berada di terminal Surabaya, ketika calo bertanya tujuan anda, anda jawab kalo tujuan anda itu mojokerto gitu, walaupun sebenarnya tujuan anda adalah Yogyakarta.
  3. Dan cara terakhir inilah yang biasa saya lakukan, yaitu ketika akan masuk ke terminal, saya tidak melalui pintu/ jalur penumpang yang sudah ada petujuknya, tapi saya lewat jalur kedatangan busnya, dan saya langsung menuju tempat parikr bus yang letaknya dibelakang terminal, setelah sampai dibelakang terminal baru deh saya cari jalur keberangkatan tujuannya…
Sementara itulah cara versi saya, mungkin masih banyak lagi cara dari orang lain dengan versi yang berbeda,. Dan sekian terima kasih semoga bermanfaat.